CARA MENGATUR TYPOGRAFI YANG BAIK UNTUK WEBSITE ANDA

CARA MENGATUR TYPOGRAFI YANG BAIK UNTUK WEBSITE ANDA

Seberapa pentingkah tipografi dalam website kita?

tipografi sering kali dilupakan atau diabaikan oleh sebagian orang saat mendesain sesuatu, begitu pula dengan mendesain web.  hal ini sering disepelekan karena dianggap hal kecil yang tidak penting. Banyak yang menganggap tipografi ini hanya sekedar memilih font tetapi sebenarnya Tipografi sendiri merupakan seni yang mencakup pemilihan serta pengaturan huruf yang diatur sedemikian rupa dalam ruang agar menimbulkan kesan tertentu.

tipografi dan didalamnya pemilihan font merupakan pula salah satu prinsip paling penting dalam mendesain web yang baik, anda dapat menyimak artikel tersebut disini 

Berbicara mengenai website tentu saja didalamnya selain gambar yang ditampilkan, tulisan merupakan pokok utama yang akan dibaca oleh pengunjung baik itu menu maupun konten utama, dan dari situlah orang akan mendapat informasi yang dicarinya.
Banyak pula manfaat-manfaat yang akan pemilihan typografi yang baik diantaranya:
- hal pertama pastilah akan menarik bagi pengunjung
- berpengaruh pada merek pada bisnis online
- terlihat profesional dan terpercaya
- pembacaan yang baik dan nyaman

Nah, Lalu bagaimana cara mengatur typografi yang baik untuk website anda? Berikut cara serta hal yang harus diperhatikan saat mengatur tipografi dan pemilihan font:

Keterbacaan hal utama

Keterbacaan suatu kata ataupn text adalah hal utama dalam pembahasan ini, keterbacaan dalam hal ini adalah seberapa bisa dan nyamankah orang yang akan membaca kata dan tulisan anda. Bila anda memilih huruf atau font yang memiliki “seni” dan menurut anda bagus tetapi bila tidak bisa dan tidak nyaman dibaca akan sia-sia, orangpun akan malas membaca dan meninggalkan web anda.

Komposisi font tidak terlalu banyak

Dalam pemilihan font janganlah mengkomposisikan atau mencampurkan terlalu banyak jenis font, maksudnya dalam satu halaman maupun dalam konten utama jangan memberikan banyak betuk dan jenis huruf atau font. Hal ini akan membuat halaman anda rusak dan tidak menarik lagi. Cukuplah mengkomposisikannya 2-3  jenis font. 1 font untuk judul atau tulisan besar dan penting dan satunya lagi untuk konten utama.

Pahami target client anda

Memahami target audiens juga merupakan hal penting, bila salah pemilihan typografi dengan audiens, akan membuatnya meninggalkan website anda. Hal ini juga tidak jauh dari konten atau tema yang sedang anda angkat. Font untuk perusahaan seperti bank , perusahaan teknologi, keuangan tentu akan berbeda dengan tema dan target audiens lain.

Warna yang tepat

Salah satu hal yang tidak lepas dengan desain dan tyografi adalah warna, warna juga menjadi hal penting karena pemilihan warna yang salah akan mengacaukan segalanya. Pilihlah warna yang akan terkomposisi dengan baik artinya dapat membuat kata atau tulisan menjadi jelas dan mudah dibaca, pilihlah warna yang akan membuat website anda menjadi elegant dan terlihat profesional, Warna-warna yang soft cenderung gelap akan membuatnya lebih elegant dari pada warna yang cerah dan mencolok. Jangan mencampur banyak warna dalam halaman anda.

Mengatur kata dan spasi

Hal terakhir cara mengatur typografi yang baik untuk website anda adalah pengaturan kata dan spasi, pengaturan yang baik dan tepat akan membuat pembaca lebih nyaman dan paham serta tidak bingung saat membuka website dan membaca konten utama anda. Aturlah kata dan spasi dengan pemenggalan yang baik dan bila panjang tidak akan membuat yang membaca terasa tersiksa dan capek karena terlalu panjang.

demikian beberapa cara mengatur typografi yang baik untuk website anda, ingat selalu janganlah menganggap typografi adalah hal kecil dan sepele, kalau anda membuat kesalahan dengan tipografi anda itu akan berpengaruh besar dengan tampilan website ataupun design anda yang lain.

sekian dulu sampai ketemu di postingan selanjutnya..

Baca Juga :



Share this

Related Posts

Previous
Next Post »