4 PRINSIP PALING PENTING DALAM MENDESAIN WEB YANG BAIK

4 prinsip paling penting dalam mendesain web yang baik


Anda ingin menjadi web desainer atau mungkin ingin mencoba mendesain sebuah website walau hanya untuk website anda sendiri? Sudah tahukan apa saja tugas seorang desainer web itu? jawabannya dapat dilihat disini.

Sebelum anda mencoba mendesain sebuah website, perlu anda ketahui ada prinsip-prinsip yang penting yang harus disertakan, jika hal-hal itu tidak ada maka tidak akan sempurna dan tidak akan dianggap baik pula desain web yang anda buat tersebut.

Setiap orang memang memiliki imajinasi maupun selera yang berbeda-beda, kadang juga seseorang memiliki sebuah ciri khas dalam membuat desain miliknya, tetapi beberapa hal berikut menjadi kunci persamaan dalam mendesain sebuah website. Berikut 4 prinsip paling penting dalam mendesain web yang baik :

1. Branding Logo Tidak Berubah-ubah / Tetap Konsisten
branding logo konsisten
Logo merupakan identitas pertama dan utama dalam sebuah website, berbagai bentuk logo telah banyak  dibuat untuk berbagai website sesuai tema maupun keinginan pemilik. 
yang jelas bagaimanapun bentuk logo tersebut haruslah dapat dimanfaatkan dengan baik, seperti dibawah ini:
  • usahakan jangan ganti-ganti logo, karena logo identitas utama yang dapat digunakan untuk membantu orang mudah mengingat dengan prodak/proyek kita, terkadang logo yang sering tidak mudah dilupakan orang adalah logo yang unik dan memiliki chiri khas.
  • tempatkan logo pada posisi yang benar,tempatkan logo pada tempat yang mudah dilihat.
  • konsisten dalam penempatan logo, jangan tempatkan logo berindah-pindah posisinya.
  • sesuaikan warna logo dengan warna website, warna logo dan website yang tidak cocok dapat membuat tampilan menjadi bruruk
2. Memiliki Sistem Navigasi yang Baik 
4 prinsip paling penting dalam mendesain web yang baik
Prinsip penting dalam mendesain web yang baik selanjutnya adalah memiliki sistem navigasi yang baik, sebagus apapun desain website yang anda buat, jika pada bagian navigasi buruk bahkan menyulitkan dan membingungkan pemakai maka hal itu tidak ada gunanya. Hal ini menunjukan seberapa pentingnya sebuah sistem navigasi. Buatlah sistem navigasi website anda jelas, penempatan/posisi yang baik, dan mudah digunakan.

3.  Menggunakan Gambar / Multimedia / Icon
4 prinsip paling penting dalam mendesain web yang baik
Multimedia  dan gambar merupakan salah satu hal yang paling dapat membuat menarik bagi pengguna, pengguna akan merasa senang jika terdapat multimedia didalammya seperti video maupun gerakan-gerakan visual  serta gambar-gambar maupun icon-icon yang akan membuat pengguna lebih mudah paham/mengerti, jadi pilihlah multimedia yang bagus yang dapat membantu memudahkan pengguna karena banyak orang tidak tahan membaca tulisan maupun artikel yang panjang. seperti buku, website tanpa gambarpun dapat membuat pengguna menjadi bosan, maka dari itu manfaatkan multimedia untuk membantu anda.

Tetapi harus diingat sesuatu yang berlebihan itu tidak baik, multimedia maupun gambar memang diperlukan tetapi jika sudah berlebihan dan membuat tampilan terlalu ‘semrawut’ / tidak jelas, hal itu harus dihindari. intinya buat tampilan masih dinamis dan ‘enak’ dipandang.

 4. Font yang Baik
4 prinsip paling penting dalam mendesain web yang baik
‘Font’ satu kata yang sering digunakan dalam berbagai hal, sesuatu yang kecil tetapi manfaatnya besar. Lihat saja seperti hal-hal yang harus di ingat saat membuat website responsif. Hal itu memanglah benar karena isi dari sebuah web adalah subuah huruf ataupun kalimat yang akan menjadi pecarian utama untuk dibaca. 

Berikut hal yang harus diperhatikan dalam masalah font:
  •  Pilih jenis font yang ‘tepat’, font yang tepat adalah font yang mudah dibaca dan tidak membuat pembaca ‘cepat lelah’ ketika membaca. Tulisan bagus dan berseni tetapi sulit dibaca dan membuat lelah itu sama saja bohong.
  • Pilihlah warna font yang sesuai, warna font juga dapat berpengaruh terhadap ketahanan membaca, warna yang tidak sesuai bisa membuat lelah bahkan membuat sakit mata, pilih background dan tulisan itu sendiri berkebalikan warna, misal jika background cerah pilih warna font yang gelap.
Itulah 4 prinsip paling penting dalam mendesain web yang baik , bagaimanapun anda akan "mengotak-atik" desain anda, anda harus tidak boleh melupakan hal-hal diatas. jika anda sudah memahami prinsip dalam mendesain, anda harus pula memahami pentingnya desain web yang responsif agar website anda semakin fabulous.  


      semoga bermanfaat danSampai bertemu di postingan lainnya.. 

      Baca juga:
      Berbagai gaya dan jenis desain web

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »