APA SIH PERBEDAAN WEB DESIGNER DAN WEB DEVELOPER

Perbedaan Web Designer dan Web Developer
Selama ini anda pastilah sering mendengar istilah Web Designer dan  Web Developer bukan? Atau bahkan anda ingin menjadi salah satu diantaranya? Sering kali bagi seseorang yang tidak akrab dengan “dunia pembuatan website”, mereka menganggap dua hal yang berbeda itu adalah sama. Faktanya web designer dan web developer itu memang berbeda, mereka memiliki tugas dan pekerjaan masing-masing, begitu pula dengan kemampuan serta hal yang harus dimilikipun berbeda. 

Jadi apa sih perbedaan web designer dan web developer ? mari kita lihat penjelasannya dibawah ini :

Web Designer
web designer
Web designer merupakan orang yang memikirkan bagaimana caranya agar tampilan halaman webite menjadi indah,bagus dan menarik, tentu hal tersebut membutuhkan kreatfitas serta intuisi dan imajinasi.

Seorang desainer web menggunakan grafis dan perangkat lunak desain grafis (misalkan Adobe Photoshop, illustrator, InDesign) untuk menciptakan tampilan-tampilan tersebut. Desain ini juga nantinya akan di gabungkan atau dimasukkan kedalam coding. Jadi memanipulasi sebuah gambar, foto, multimedia serta pemahaman tentang client scripting HTML,CSS dan javascript dimilikinya.

Hal lain yang perlu dimiliki seorang desainer diantaranya adalah komunikasi, masalah usability serta kompabilitas pada browser yang berbeda-beda (disebut juga responsive web design) .desainer web biasanya bekerja secara tim tetapi karena Seorang desiner tidak selalu menjadi orang yang menulis kode dan dalam beberapa kasus dapat bekerja secara independent untuk mendesain sebuah projek.

Desainer web yang baik memiliki pemahaman yang kuat tentang berbagai konsep-konsep yang didalamnya termasuk pemilihan warna, typography, serta hal-hal yang menjalin hubungan dengan para pengunjung atau pengguna.

Web Developer
web developer
Web developer atau pengembang web dapat dikatakan sebagai ‘tulang punggung’ dari website yang membuat semua hal menjadi terjadi pada sebuah website. HTML, Javascript, Jquery dan CSS adalah diantara alat dalam bidang mereka.

Pengembang web tidaklah berfokus pada sesuatu yang berhubungan dengan pembuatan suatu tampilan agar menarik secara visual dengan kata lain mereka tidak ambil pusing tantang masalah dan aspek tampilan. jadi walaupun web developer memahami setiap perintah yang ada di HTML dan CSS, dia tidak bisa dipekerjakan sebagai web designer karena tidak memiliki kemampuan dalam membuat desain, hanya untuk mengaplikasikan desain yang telah dibuat menjadi lebih dinamis pastilah dikuasai oleh web developer

Seorang web developer juga menciptakan aplikasi berbasis website dengan menggunakan bahasa pemrograman seperti Java, PHP, .NET ataupun python. Pengembang web yang baik sering berorientasi pada detail dan memperhatikan spesifikasi.

Dapat diringkas dan disederhanakan  apa sih perbedaan web designer dan web developer dalam tabel berikut:


perbedaan web designer dan web developer
Perbedaan Web Designer dan Web Developer

Nah bagaimana, sudah mengertikan perbedaan antara web designer dan web developer? Ingin jadi yang mana? Kalau anda ingin menjadi desainer baca juga disini 4 prinsip paling penting dalam mendesain web yang baik. Tentu semua minat dan bakat kembali kepada anda ya.

Sekian dulu postingan apa sih perbedaan web designer dan web developer kali ini, sampai bertemu di postingan lainnya..

Baca juga :
pentingnya desain web yang responsif
hal-hal yang harus di ingat saat membuat website responsif
berbagai gaya dan jenis desain web

Share this

Related Posts

First