PENTINGNYA DESAIN WEB YANG RESPONSIF

pentingnya desain web yang responsif

Apa itu Desain web reponsive?

Desain web responsive atau Responsive web design merupakan teknik yang dipakai untuk membuat layout website dapat menyesuaikan diri ketika dilihat atau diakses menggunakan perangkat yang digunakan, karena tampilan yang ada di destop dan yang ada di smartphone tentu akan berbeda. Selain dapat mempengaruhi apa yang ditampilkan pada perangkat tertentu, Hal ini juga untuk mengoptimalisasi kenyamanan pengguna untuk menjelajah web dari tampilan, navigasi serta konten website tanpa merubah ukuran halaman web dari perangkat apapun yang mereka gunakan.

Untuk mengetahui atau mengetes tampilan website memakai teknik responsive secara umum caranya cukup mudah, tidak harus mengaksesnya dari mobile devise maupun perangkat lain tetapi cukup dengan meminimize brower anda kedalam bentuk atau ukuran mobile devise, dari situ kita sudah dapat mengetahui apakah website tersebut sudah responsive atau belum. Dari penjabaran diatas, seberapa pentingkah responsive web design itu?

Tidak bisa dipungkiri saai ini pengguna perangkat mobile dan smartphone untuk browsing internet tidak terkecuali mengakses sebuah website sudah berkembang pesat dan semakin banyak jumlah pemakainya, tentu hal ini salah satunya didasari kepraktisan  atau kemudahan pemakai untuk mencari informsai atau apa yang dibutuhkannya.

Pada tahun 2015 ini diperkirakan traffic mobile internet akan menyalip traffic desktop, artinya pengguna internet yang mengakses melalui mobile seperti handphone & tablet lebih banyak dibandingkan dengan personal komputer (desktop dan notebook)

Nah dari hal dasar itulah kini hadir responsive web design dimana sekarang banyak designer semuanya membangun web dengan pendekatan mobile-first untuk memaksimalkan desain dan tampilan websitenya setelah sebelumnya situs hanya dioptimasi untuk personal komputer desktop saja. Tentu pemilik web tidak mau “merugi” karena website miliknya ditinggakan oleh pengguna karena tidak bisa optimal saat dibuka di perangkatm mobile, karena kesan negatif akan muncul jika pengalaman mobile pengguna  ‘bermasalah’ pd suatu website. Hal itu tentu bisa menghalangi mereka melakukan bisnis dengan anda.

Maka dari itu pentingnya desain web yang responsif akan diuraikan dibawah ini:

1. Direkomendasikan Oleh Google
pentingnya desain web yang responsif
Bahkan google yang merupakan mesin pencari terbesarpun merekomendasikannya,
Google merekomendasikan web responsive karena hal itu lebih efisien bagi bot google untuk menjelajahi situs anda dan kemudian mengindeks serta mengatur semuanya di hasil pencarian mereka, alasan untuk itu adalah karena dengan desain responsif, semua situs hanya memiliki satu URL dan HTML yang sama di semua perangkat.

 2. Menaikkan Jumlah Conversion Rates
pentingnya desain web yang responsif
pentingnya desain web yang responsif untuk menaikkan jumlah konversinya, jika sebuah website tidak dapat berfungsi dengan baik / tidak dapat diakses dengan mudah maka tindakkan pengunjung tidak dapat dikonversi, misal faktanya 69% pengguna belanja menggunakan tablet untuk belanja, angka yang besar bukan? Hal itu akan merugikan jika pengguna tersebut membatalkannya karena website bermasalah atau terlalu banyak langkah jika di akses di device mobile.

3. Lebih Terdepan dalam Bersaing
pentingnya desain web yang responsif
Dalam dunia bisnis, kita tentu harus berada di depan, harus lebih dulu dan lebih maju dibanding kompetitor. Desain web responsive disukai oleh google, jadi kemungkinan anda berada di baris terdepan di hasil pencarian google tentu lebih besar. Dengan ini tentu anda bisa menyalip calon pembeli agar tidak menuju website pesaing anda. Website anda juga akan dinilai baik bahkan lebih modern oleh pengunjung. Website yang baik akan lebih disenangi tentunya.

4. Mudah untuk DiKelola/Upgrade/Maintence
pentingnya desain web yang responsif
Dengan responsive, website sudah bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan yang digunakan. Jadi kita tidak perlu repot - repot lagi untuk mendesain website versi mobile dari awal.

Tidaklah perlu lagi ‘bekerja’ dua kali dalam mengelola, mengupgrade dan memperbaiki websitenya, berbeda halnya dengan website dua versi dimana harus mengelola dua website sekaligus, dan yang penting akan lebih menghemat biaya dan tenaga.

5. Membuat User Senang dan Nyaman
pentingnya desain web yang responsif
Desain web yang responsif dapat memberikan pengunjung pengalaman yang lebih baik. Sebagai contoh, pengguna tidak perlu main-main dengan zoom dan mengecilkan teks dan gambar pada layar. Hal ini membuat lebih mudah dan lebih nyaman bagi pengguna untuk membaca dan menjelajahi situs anda.

6. Mengurangi Bounce Rate
pentingnya desain web yang responsif
Apabila menggunakan desain yang responsive, pengunjung pasti akan merasa nyaman. Bagi website yang tidak menggunakan desain yang responsive meski di mesin pencari berada diurutan teratas, pasti bagi pengguna smartphone tidak efektif. Pengguna smartphone harus meng-scroll kesamping, dan itu pasti akan membuat jenuh sehingga mereka cepat meniggalkan situs Anda.

7. Membuat Traffic Lebih tinggi
pentingnya desain web yang responsif
Pastinya hal ini akan terjadi ,Semakin berkembangnya teknologi dan merajalelanya smartphone, penggunaan responsive web design ini semakin diperhitungkan. Dengan desain yang responsive pasti pengunjung yang menggunakan smartphone lebih banyak dibandingkan dengan desain yang non-responsive.

Jadi bagaimana pentingnya desain web yang responsif? Sungguh bermanfaat sekali bukan?  Maka dari itu segeralah miliki website responsive anda, yang pastinya akan sangat bermanfaat.

Bagaimana ingin mencoba membuat web responsif? Baca artikel berikut hal-hal yang harus di ingat saat membuat website responsif sebelum anda benar-benar menginginkan dan membuat sebuah desain web yang responsif.

Sekian dulu, jaga kesehatan anda dan sampai jumpa kembali di postingan yang lainnya..

Baca juga :


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 komentar:

komentar
14 Mei 2018 pukul 19.06 delete

Wihh manteb gan info nya, makasih gan
website nya rapih
kunjung balik gan, banyak artikel tentang kesehatan dan pengobatan penyakit
Golden Gamat Mitoha

Reply
avatar