5 HAL HARUS DIPERHATIKAN SAAT MEMBUAT WEB RESPONSIF

5 hal harus diperhatikan saat membuat web responsif
Sudah tahukan website responsif itu apa?
Untuk mengetahui apa itu website responsif serta manfaat dan keuntungan jika kita menggunakan website responsive anda bisa klik disini.

Sudah mengertikan pentingnya web yang responsif? Sebuah website yang responsif memang saat ini sangat penting  dan malah  seperti sudah menjadi keharusan dimiliki oleh pemilik website serta bagi para pembuat dan perancang website untuk mengembangkan teknik desain responsif ini.

Tetapi ada hal-hal penting yang harus diperhatikan dan tidak boleh lupa ketika anda memiliki dan membuat website yang responsif. Tentunya anda menginginkan sebuah website yang sempurna bukan? Website yang sempurna dan dikatakan bagus tentu terdiri dari beberapa aspek yang baik, meskipun proyek yang anda buat terlihat baik dari sudut pandang desain, masih ada hal-hal yang dapat menghancurkannya seiring dengan berjalannya waktu.

Berikut akan kami sampaikan 5 hal harus diperhatikan saat membuat web responsif, hal ini dapat membantu menjadikan website responsif anda lebih maksimal serta dapat menghemat waktu pembuatannya sehingga dapat dikatakan website responsif yang anda miliki nantinya sudah ‘sempurna’ dan merupakan website yang baik.

 Konten Menjadi Fokus Utama


5 hal harus diperhatikan saat membuat web responsif
Konten merupakan point yang paling penting untuk diingat serta diperhatikan baik anda menggunakan pendekatan apapun seperti mobile, desktop atau pendekatan-pendekatan lainnya.

Hal ini harus anda fikirkan sebelum anda menulis kode program dan membuat setiap wireframe ataupun maket, karena konten haruslah dapat mendorong struktur dan organisasi dari website anda,  yang mana dapat menjadikan website yang anda miliki lebih familiar dengan konten tersebut. Perlu diingat, tanpa konten yang baik  maka juga  tidak akan ada traffic kunjungan yang diinginkan. Dengan konten yang tepat, maka mesin pencari akan mengenali website dan akan mendatangkan traffic kunjungan.

     Performa dan Javascript

5 hal harus diperhatikan saat membuat web responsif
Katika membicarakan tentang performa website, maka Javascript dapat  dikatakan menjadi pengaruh utamanya. Javascript memiliki plugin yang bagus-bagus dan sangat banyak jumlahnya, sehingga animasi yang dapat dibuat begitu mengesankan.

Akhirnya hal itu memacu web designer dengan leluasa memakai banyak sekali plugin agar website nya tampil 'amazing' tanpa memikirkan performa website nantinya, bahkan tidak tanggung-tanggung puluhan plugin jquery di load secara bersamaan karena website tersebut sangat banyak menggunakan efek dan lainnya.

Hal diatas tentu sangat memberatkan website nantinya. Biasanya ini bisa kita lihat di template yang multipurpose, dimana template bisa digunakan untuk semua jenis website, dan untuk membuat itu biasanya sang developer menyertakan semua plugin yang digunakan jenis-jenis website tersebut.

 Memperhatikan Retina Display


5 hal harus diperhatikan saat membuat web responsif
5 hal harus diperhatikan saat membuat web responsif yang ketiga adalah dengan memperhatikan bagaimana penampilan website anda pada perangkat yang sudah menggunakan retina display. Layar ini memiliki pixel density yang lebih tinggi yang berarti kemampuan untuk menampilkan lebih banyak pixel dan jauh lebih baik sehingga tampilan yang dihasilkan lebih halus.

Singkatnya, Anda dapat melihat lebih detail dalam resolusi tinggi atau lebih kecil dalam gambar yang beresolusi rendah.
Intinya adalah pikirkan untuk menyertakan gambar untuk resolusi yang lebih tinggi yang akan ditampilkan hanya ketika user menggunakan perangkat yang disertai fitur retina display.

Memperhatikan Bandwidtch

5 hal harus diperhatikan saat membuat web responsif
Dengan memperhatikan bandwidth sama dengan hal ayng berkaitan dengan optimasi,anda harus memperhatikan secara menyeluruh apa saja yang harus anda perlukan untuk mengoptimalkan segala hal yang anda dapat lakukan. Seperti mengoptimalkan file CSS dan Javascript dengan membuat nya menjadi terkompres atau istilahnya di minify, memilih penggunaan gambar dengan ukuran/resolusi yang lebih kecil serta hal lainnya yang dapat berhubungan optimasi





Memperhatikan Typography


5 hal harus diperhatikan saat membuat web responsif
Typography juga hal tidak boleh disepelkan dalam website responsif, karena pada intinya website merupakan 95% typography. Sebagian besar konten yang kita konsumsi setiap hari adalah tergantung dari tipografi, baik itu postingan di blog atau infographic. Typography juga termasuk hal penting dalam prinsip penting dalam mendesain web.

Jadi pilihlah font yang baik untuk website anda. pertimbangkan ukuran font ketika website dibuka di layar yang kecil , pertimbangkan warna font agar terlihat jelas di layar pengunjung, pertimbangkan warna font agar terlihat jelas di layar pengunjung, gunakan jenis font yang mudah dibaca dan tidak membingungkan, Pertimbangkan pula besar file font yang akan di load.

Demikian itu 5 hal harus diperhatikan saat membuat web responsif yang dapat dijadikan pula Tips untuk anda jika ingin memiliki atau membeuat website yang responsif.

semoga bermanfaat, sambai ketemu lagi di postingan selanjutnya..


Baca juga :

apa sih perbedaan web designer dan web developer
hal-hal yang harus di ingat saat membuat website responsif
jenis dan gaya web

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 komentar:

komentar